-->

Pengertian dan Jenis-jenis Karya Seni Rupa Murni Daerah Setempat

Suatu benda karya yang diciptakan oleh manusia yang mengandung unsur keindahan adalah merupakan karya seni rupa. Apa sih yang dimaksud dengan karya seni rupa? Seni rupa adalah gagasan anusia yang diekspresikan melalui pola kelakuan tertentu antara lain dengan media titik, media garis, media bidang, media bentuk, media warna, media tekstur, dan gelap terangnya yang ditata dengan menggunakan prinsip tertentu sehingga dapat menghasilkan karya seni yang indah dan bermakna . Menurut kegunannya, karya seni rupa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu karya seni rupa terapan dan karya seni rupa murni. Istilah seni dalam bahasa inggris adalah Art, dan dalam bahasa latin kata seni berari ars, dan dalam bahasa yunani berarti techne. Techne artinya ketrampilan atau kemahiran membuat suatu benda. Istilah seni selalu berkaitan dengan  unsur keindahan. Unsur keindahan adalah nilai-nilai estetis yang terdapat dalam karya seni. Untuk memudahkan orang memahami dan melihat seni, maka dibuatlah batasan-batasan seni oleh para ahli.




Karya seni rupa adalah bentuk kekreatifitasan  melalui ungkapan perasaan dan ketrampilan pola pikir manusia. Bahan-bahan yang digunakanpun sangat beragam, comtohnya seperti kayu, batu, semen, kain, plastik, logam, lilin, dan tumbuh-tumbuhan.

Suatu karya seni rupa memiliki berbagai kegunaan dan fungsi berdasarkan kemauan penciptanya dan keinginan penikmatnya. Seni rupa berdasarkan makna dan fungsinya, karya seni rupa dibedakan menjadi dua, yaitu karya seni rupa murni dan karya seni rupa terapan. baiklan, pada artikel berikut ini, kamu akan belajar tentang seni rupa murni daerah setempat.

Apakah kamu tahu, apa yang dimaksud dengan karya seni rupa murni? Karya seni rupa murni merupakan karya seni rupa yang diciptakan dengan sengaja yang mengutamakn segi keindahan tentang bentuk, komposisi objek, penampilan secara visual yang dapat memuaskan perasaa kejiwaan bagi seseorang yang melihatnya dan tidak mengaitkan pada segi fungsi dalam manfaat kehidupan sehari-hari.

Seni rupa murni daerah setempat adalah karya seni rupa yang memiliki wujud dua dimensi atau bahkan tiga dimensi yang berfungsi sebagai nilai estetis yang berada di daerah setempat. Karya seni rupa terapan daerah setempat, antara lain terdapat pada karya-karya seni lukis, seni kriya, dan seni grafis.

Dibawah ini adalah jenis-jenis karya seni rupa murni daerah setempat, antara lain :

1. Seni Lukis
     Seni lukis adalah karya seni rupa murni daerah setempat yang berwujud dua dimensi yang dalam pembuatannya itu mengolah pada unsur titik, garis, bidang, tekstur, warna, dan gelap-terangnya. dan yang terakhir melalui pertimbangan estetiknya. Di dalam dunia seni lukis , jadi ciri khas tiap-tiap lukisan seni lukis dibedakan dalam suatu aliran diantaranya yaitu aliran realis, naturalis, impresionis, ekspresionis, abstrak, kubisme, dan pointilis,

2. Seni Patung
     Seni patung adalah cabang seni rupa yang merupakan yang berbentuk 3 dimensi yang dalam penciptaannya terbentuk dalam proses menggunakan teknik pahat, teknik modeling (teknik dibentuk), atau bisa juga dengan teknik casting (melalui teknik cetak)

3. Seni Grafis
    Seni Grafis adalah cabang seni rupa daerah setempat yang berwujud tiga dimensi yang dikerjakan menggunakan teknik cetak. Ada beberpa jenis ragam seni garif, yaitu antara lain seperti seni grafis yang dibuat dengan teknik sablon, teknik cetak tinggi, teknik cetak litho, dan teknik cetak etsa.
     Seni grafis yang masuk ke dalam negeri Indonesia memiliki fungsi yang ganda, yaitu berfungsi sebagai teknik untuk menciptakan desain seni murni dan berfungsi sebagai alat atau teknik untuk memproduksi / menggandakan karya seni.

0 Response to "Pengertian dan Jenis-jenis Karya Seni Rupa Murni Daerah Setempat"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2