-->

Mengapresiasi dan Mengekspresikan Karya Seni Tari Barat (Ragam Tarian Mancanegara)

       Tari sebagai media ungkap timbul dari gagasan mereka yang telah diilhami liberalisme. Karya tari diwujudkan dengan kebebasan ekspresi, dalam bentuk ekspresi, desain gerak, gagasan, bentuk sajian, dan berbagai aspek pendukung sebuah karya tari. Hal tersebut diungkapkan dengan bentuk yang seluas-luasnya, eksplorasi gerak yang menghasilkan repertoar (kumpulan atau perbendaharaan) gerak tanpa aturan baku.
      Pada awalnya, tari lahir di tengah kehidupan manusia merupakan wujud respon  atas desakan kebutuhan hidup manusia. Di negara mana pun di dunia, sebuah tari eksis, dan tumbuh karena adanya kebutuhan masyarakat dengan identitas dan keunikan tersendiri akibat adanya kultur yang berbeda  antar negara itu sendiri. Selain karena dipisahkan oleh ruang dan waktu, perbedaan kultur memang terbentuk karena faktor adat istiadat atau kebiasaan masyarakat di berbagai negara.



A. Karya Seni Tari Barat
    Jenis tari mancanegaradi luar Asia berasal dari Eropa dan Amerika Latin. Tarian mancanegara tersebut ikut mempengaruhi tari modern di Indonesia, beberapa diantaranya dipelajari dan dipentaskan, bahkan diperlombakan. Tarian mancanegara di luar Asia beragam. Berikut ini ragam tarian dari mancanegara.

1. Balet
    Pada abad XVII, Perancis dianggap sebagai tempat lahirnya Tari Klasik Balet. Pada masa Kerajaan Louis XVI, kebudayaan sedang mencapai masa puncak keemasannya, termasuk seni tari yang dibawa oleh Catharina de Medici dari Italia. Dia membawakan tarian Balet ke Istana Perancis yang disaksikan oleh Ratu Perancis. Tarian tersebut diadakan untuk perayaan pementasan parade perayaan menyongsong kelahiran putra raja atau disajikan pada pesta kemenangan setelah perang.
    Sepanjang perjalanannya, tari balet mengalami perubahansejak zaman romantik. Balet lebih mengedepankan kebebasan berekspresi yang tidak kaku. Tari Balet pada zaman romantik yang didatangi puluhan ribupenggemarnya adalah karya tariAna Palova dari Rusia dengan judul Dying Swan sebagai bentuk balet bergaya romantik yang berubah pada beberapa hal yang berkaitan dengan aturan baku klasik tari balet. Dengan perkembangan semacam itu, tari balet sebagai produk karya seni Tari Barat menunjukan nilai etetis yang tinggi.
    Balet atau Ba’la berasal dari bahasa italia (ballare) yang memiliki arti menari. Balet adalah suatu bentuk tarian dengan tradisi, teknik, metode, dan bentuk gerakan yang unik yang membedakan dari bentuk teater lainnya. Balet mula-mula mirip karnaval yang diadakan di taman istana, kemudian dipertunjukan sebagai pertunjukan sendiri dan merupakan suatu karya seni yang terdiri atas penggabungan empat unsur, yaitu tari, drama, musik, dan dekorasi.
   Balet merupakan nama dari salah satu teknik tarian. Karya tari yang dikoreografi menggunakan teknik ini dinamakan balet dan meliputi tarian itu sendiri, mime, akting, dan musik (baik musik okestra maupun nyanyian). Balet dapat ditampilkan sendiri atau sebagai bagain dari sebuah opera. Balet terkenal dengan teknik virtuoso-nya seperti pointe work, grand pas de deux, dan mengangkat kaki tinggi-tinggi.
    Teknik balet bermacam-macam, ada yang disebut posisi on point, yaitu berdiri dengan ujung kaki yang sempurna; ada juga voete, yaitu gerakan memutar dengan posisi on point.
    Para balerina menggunakan perlengkapan seperti stoking, baju atasan atau leotard, dan sepatu khusus bernama point shoe dari bahan satin dari sol lentur yang bagian ujungnya terbuat dari kanvas, serat hessian, kertas, serta lem. Tarian balet biasanya diiringi musik klasik atau kontemporer.
    Istilah ini pertama kali digunakan pertama kali oleh Domenico da Piacenza (dalam De Arte Saltandi et Choreas Ducandi), sehingga dikenal sebagai balleti atau balli yang kemudian menjadi ballet. Istilah ballet dicetuskan oleh ballet comique (drama komedi balet). Pada tahun yang sama, Fabrito Caroso menerbitkan Il Ballarino, yaitu panduan teknis mengenai menari balet, yang membuat Italia menjadi pusat utama berkembangnya tali balet.

2. Tari Flamenco
    Tari Flamenco adalah tarian yang berasal dari negara Spanyol. Tari Flamenco diiringi musik yang terdiri atas panduan suara penyanyi, petikan gitar, dan pukulan perkusi. Tari Flamenco banyak menggerakan tubuh, terutama kaki dan tangan. Tari ini merupakan tarian rakyat Spanyol. Tarian tersebut tidak hanya dikenal disatu daerah atau negara bagian saja, melainkan sudah menjadi bagian dari kebudayaan nasional Spanyol.
    Tari Flamenco menjadi tarian khas Matador, yaitu tarian adu banteng yang biasanya dimulai saat berakhirnya Semena Santa (Minggu Suci Paskah). Tari Flamenco menjadi bagian dari sebuah pertunjukan yang sangat menarik untuk dilihat sebelum adu banteng di Spanyol.
    Tari ini juga merupakan tarian tradisional komunitas Gypsi di bagian selatan Spanyol. Tari Flamenco mengalami perkembangan yang panjang selama beberapa abad. Tarian ini mulai dikenal menjelang abad ke-19. Buku yang membahas tentang Tari Flamenco untuk pertama kalinya adalah buku Cartes Marrueces karangan Jose Cadalso. Buku tersebut terbit pada tahun 1774.
    Pada abad ke-18, tari Flamenco yang dipertunjukan oleh kaum Gypsi di daerah seville dan Cadiz. Pada saat itu, tari Flamenco menjadi semacam ritual dalam budaya kaum Gypsi. Periode 1869-1910 disebut dengan Golden Age of Flamenco. Pada masa tersebut, tari Flamenco mulai dikembangkan dan menjadi tontonan masyarakat Spanyol.
    Pada tahun 1922, penulis Spanyol yang bernama Federico Garcia Lorca dan kompesor Manuel de Falla mengadakan festival musik yang berjudul Concurso Cante Jonde. Periode selanjutnya dikenal sebagai periode opera (Flamanco Opera). Pertunjukan tari Flamenco mulai dipertunjukan di teater dalam bentuk opera. Pada periode tersebut, muncul penyanyi-penyanyi yang mengiringi tari Flamenco, seperti Marchena, Valderrama, dan Pepe Pinto atau El Pena.
    Saat ini, pertunjukan tari Flamenco dipergelarkan diberbagai acara. Bahkan, tari Flamenco sering dipertunjukan di luar negeri Spanyol sebagai bagian dari kebudayaan Spanyol. Flamenco sangant identik dengan tari dan musik. Pertunjukan musik juga menjadi selingan diantara tari Flamenco. Dentingan gitar Spanyol dan bunyi flute serta piano merupakan alunan musik modern. Musik tersebut dipadu oleh bunyi tepuk tangan.
    Konsentrasi dan penjiwaan adalah dasar tari Flamenco. Telinga penari Flamenco harus sensitif sehingga ketukan demi ketukan kaki para penari tersebut indah seirama tepuk tangan. Sebagian dalam pertunjukan, mengharuskan penari tampil meliuk dan sekali loncat ritmik.
    Ekspesi dalam tari Flamenco terlihat dari tiga hal, yaitu cente (lagu), balie (tarian), dan guitarra atau toque (alat musik gitar). Gitar Flamenco hampir sama dengan gitar klasik. Iringan musik dalam tari Flamenco membuat tarian tersebut menjadi lebih hidup. Semua jenis musik dapat dijadikan pengiring tari Flamenco. Musik dan tari Flamenco. Beberapa musisi Flamenco menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Spanyol.

3. Tari Salsa
    Tari Salsa merupakan salah satu tarian Latin yang menjadi inspirasi berbagai tari di dunia. Salsa menjadi semakin populer karena gerakannya yang dinamis, lincah, dan energik. Tari Salsa diiringi oleh musik Salsa yang berasal dari Son Kuba. Musik Salsa merupakan gabungan antara musik tradisional Afrika dan Kuba  serta irama Amerika Latin. Tari Salsa dipengaruhi oleh berbagai tarian, seperti Cha Cha, Mambo, Guaracha, Palo Monte, Yambu, Abakua, dan Rumba.
    Tari Salsa diciptakan oleh orang Spanyol yang berasal dari Kariba dan perkumpulan imigrasi Spanyol yang tinggal di Amerika Serikat. Akan tetapi, sejarah dari tari Salsa masih sering diperdebatkan. Sebagian orang menganggap tari dan musik Salsa berasal dari Kuba. Sebagian lagi menganggap tari Salsa yang dikenal saat ini berasal dari perkembangan tari di Amerika Utara. Modernisasi dari tari Mambo pada tahun 50-an membawa pengaruh terhadap perkembangan tari Salsa. Tari Salsa juga dikembangkan oleh kumunitas Latin di New York, Amerika Serikat.
    Salsa ditarikan dalam bentuk tari berpasangan, walaupun ada bentuk tari Salsa tunggal. Tari Salsa juga dapat dilakukan secara berpasangan dalam bentuk berkelompok. Tari Salsa berbeda dengan tari Samba. Tari Salsa merupakan tarian di tempat. Pasangan yang menari Salsa tidak banyak bergerak mengelilingi lantai dansa, melainkan menari pada area tertentu.
    Tari Salsa menggerakan seluruh badan, seperti lengan, bahu, kaki, dan pinggul. Gerakan tari Salsa dapat dimodifikasi atau diciptakan oleh penari Salsa secara bebas. Gerakan dalam tari Salsa juga dianggap sebagai gerakan oleh tubuh atau olahraga. Pola tari Salsa mengandalkan permainan pinggang dan kaki dapat membentuk badan menjadi lebih ramping dan langsing.
    Tari Salsa memiliki beberapa gaya, seperti gaya Los Angeles dan Kuba. Perbedaannya terletak pada gerakan. Tari salsa gaya Kuba memiliki gerakan yang lebih bervariatif, sedangkan tari Salsa gaya Los Angeles memiliki standar sendiri. Namun, tari Salsa gaya Los Angeles memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi, terutama bagi penari perempuan dibandingkan tari Salsa gaya Kuba. Tari Salsa gaya Kuba sering juga dianggap sebagai Social Dance, karena tarian tersebut mendekatkan banyak orang dari berbagai latar belakang.
    Dalam tari Salsa, laki-laki menjadi seorang leader atau pemimpin. Oleh karena itu, laki-laki dituntut untuk lebih bisa menguasai gerakan dan berinisiatif untuk melakukan suatu gerakkan. Tari Salsa tidak harus dilakukan secara berpasangan. Dalam tari Salsa, sosok feminim seorang perempuan memang harus menonjol. Oleh karena itu, akan lebih baik jika perempuan menggunakan sepatu berhak tinggi.
    Gerakan tari yang terencana dan terjalin harmonis antara musik dan tarian, membedakan tari Salsa dengan jenis tari Latin lainnya. Perbedaannya yang mendasar antara tari Salsa dan tari Latin terletak pada iramanya. Banyak gerakan dalam tari Salsa yang harus dikuasai, antara lain Combia, Beautino, Roeda, dan Botino. Tari Salsa juga memiliki unsur tari Swing. Namun, tidak ada peraturan yang baku mengenai bagaimana cara menari salsa.
    Dalam pertunjukannya, tari ini merupakan tari berpasangan yang disajikan, baik dalam jumlah kecil maupun besar. Ragam geraknya lebih didominasi oleh gerakan kaki dan tangan, sedangkan lekukan-lekukan tubuhnya mengikuti arah kaki. Salah satu gerakan yang dapat ditemukan pada hari ini adalah gerakan couple dan freestyle.

4. Tari Zapateado (Tap Dance atau Tarian Ketuk)
    Zapateado merupakan tarian rakyat Spanyol yang berirama cepat dan menghentak. Asal kata Zapateado adalah zapato yang artinya sepatu. Irama tarian terbentuk dengan menghentak-hentakkan sepatu penari ke lantai. Zapateado merupakan tarian Spanyol yang sering dikenal sebagai tap dance. Kekuatan ritmik dan hentakkan kaki yang penuh tenaga adalah ciri utama tarian ini. 
    Tap dance gaya baru dihasilkan dari perpaduan antar-ras di Amerika, pada abad ke-19 masih menjadi tarian jalanan yang digemari imigran Irlandia dan para budak kulit hitam. Seiring berkembangnya ragam pergaulan, Penguasaan tarian Latin berkembang menjadi gaya hidup unik. Sebagai ajang pembuka dan penutup acara pesta “menari” adalah bentuk pergaulan dengan prestasi tersendiri. Makin meliuk indah, makin terpesonalah penghunipesta. Dengan sendirinya, Eksistensi diri muncul mencuat indah dan berkelas. Tari ini membutuhkan sepatu khusus dengan alas berkayu dan lapisan besi tipis. Alas besi ini dapat dipasang manual dan dapat dibeli  di toko sepatu dansa.
    Tap dance mendapat pengaruh dari berbagai budaya di dunia, pengaruh tersebut berasal dari Afrika, Irlandia, Iinggris, India, dan Spanyol. Oleh karena itu, Tap dance merupakan pencampuran berbagai tari, seperti clog dance (Inggris) dan step dancing (Irlandia).
    Pada tahun 1920-an Tap dance dikembangkan dengan berbagai gaya dan menjadi semakin terkenal. Steve Condos melakukan inovasi gaya sehingga menciptakan Tap dance gaya baru. Tap dance gaya baru tersebut diperkenalkan melalui film dan teater di Broadway, Pada saat tersebut, penari Tap yang terkenal adalah Fred Astaire, Ginger Rogers, Shirley Tample, John W. Bubbles,Gene Kelly, dan Ann Miller. Bahkan, Ann Miller tercatat sebagai penari Tap tercepat sampai saat ini.
    Pada 7 November 1989, Presiden Amerika Serikat George Bush menetapkan Hari Tarian Tap Nasional yang diperingati setiap tanggal 25 Mei. Penetapan tanggal 25 Mei dikarenakan tanggal tersebut merupakan hari kelahiran penari Tap terkenal, yaitu Bill “Bojangles” Robinson.

5. Break Dance
    Break Dance  yang merupakan bagian dari kultur hip hop tumbuh dari kaum muda New York dan populer di awal tahun 1980-an. Tarian hip hop di beberapa negara lebih dikenal sebagai break dance kemudian mewabah di berbagai negara, termasuk Prancis dan juga Indonesia di awal tahun 1980-an.
    Break dance adalah tarian yang memadukan seluruh gaya. Break dance juga merupakan perpaduan beberapa unsur gerakan yang tergantung selera, jenis musik, ataupun keahlian crew maupun breaker’s. Di dalam break dance terdapat empat struktur pokok, yaitu top rock, foot work, frezze, dan power move.
    Top Rock adalah gaya yang bertumpu pada gerakan kaki yang menari-nari, biasanya top rock dilakukan untuk menambah fondasi dari tarian tersebut. Top rock harus mengikuti rytme atau ritme dari lagu yang dimainkan DJ (Disc Jockey), jadi tidak boleh membuat ritme sendiri, karena dapat mengurangi penilaian jika tarian sedang dilombakan.
    Foot work hampir sama dengan top rock, tetapi foot work biasa di lakukan dengan tubuh di bawah, contoh beberapa gerakan foot work antara lain helikopter, 3 step, 6 step, dan sweep. Dalam foot work breaker’s (sebutan untuk penari break dance laki-laki maupun perempuan) juga harus mengikuti ritme dari lagu yang dimainkan.
    Frezze adalah gaya yang dipakai  di akhir maupun di tengah-tengah tarian. Gerakan frezze sangat membutuhkan kekuatan fisik. Jika tidak terlalu kuat, Frezze yang dilakukan juga hanya sebentar (berkisaran 1-3 detik) dan frezze yang dilakukan juga frezze tingkat mudah atau rendah. Contoh gerakan-gerakan frezze antara lain baby frazze. Chair, dan air baby. Di sini breaker’s tidak harus mengikuti ritme dari musik, tetapi jika breaker’s ingin melakukan frezze harus disertai waktu yang tepat agar terlihat lebih baik atau menambah nilai dalam suatu perlombaan.
    Gerakan yang dikenal sebagai chair frezze, yaitu penari bertumpu pada tangan atau lengan  untuk mendukung gerakan pinggang dan kaki. Posisi chair frezze yang dilakukan adalah dengan membalikan badan dan melakukan gerakan memutar tubuh dengan punggung sebagai titik tumpu (back spin).
    Power moves adalah tarian yang melibatkan kekuatan dan keleturan tubuh. Biasanya power moves dan frezze yang membuat orang tertarik dalam break dance, karena gaya-gayanya memiliki tingkat kesulitan yang tinggi.

0 Response to "Mengapresiasi dan Mengekspresikan Karya Seni Tari Barat (Ragam Tarian Mancanegara)"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2