-->

Sejarah Berkembangnya Seni Rupa Mancanegara di Luar Asia

Menurut Kronologis, sejarah perkembangan seni rupa dimulai dari sejarah seni rupa Mesir, Eropa Klasik, Renaissance, Barok dan Rokoko, sampai Seni Rupa Zaman Modern. Seni rupa Mancanegara ini berkembang di luar Asia berawal dari seni rupa Timur purba hingga Sejarah Seni Rupa modern. Contohnya seni rupa timur ini bisa dilihat dari perkembangan seni rupa di Mesir. berikut ini adalah seni rupa yang berkembang di luar Asia.

Sejarah Berkembangnya Seni Rupa Mancanegara di Luar Asia


a. Seni Rupa Mesir
Perlu kamu ketahiui, bahwa mesir adalah bangsa yang memiliki peninggalah kebudayaan tertua di dunia sejak 3400 Sebelum Masehi. Bentuk karya-karyanya pun beranekaragam seperti berupa seni bangunan, seni patung, seni relief, seni lukis, dan seni kriya. seni bangunan mesir terdiri dari bangunan piramida, mastaba, dan candi. bangunan piramida dan mastaba berfungsi untuk menyimpan mumi, sedangkan bangunan candi berfungsi sebagai tempat untuk pemujaan.

b.Seni Rupa Eropa Klasik
Peninggalan Karya-karya seni rupanya berupa bangunan, patung, relief, seni lukis dan seni kriya.
1. Seni Rupa Yunani
Karya seni rupa yang berkembang di Yunani diantaranya seperti seni bangunan dan seni kriya. Seni bangunan Yunani kebanyakan berbentuk istana serta bangunan megah lainnya. Seni lukis Yunani bercorak dekoratif dengan objek alam. seni patungnya terbuat dari batu pualam dan kayu.
2. Seni Rupa Romawi
Karya seni rupa romawi yang dihasilkan diantaranya adalah seni bangunan. seni relief, senu lukis dan seni kriya.
3. Seni Rupa Hellenis.
pada zaman Hellenisme sejak 336-323 Sebelum Masehi terjadilah akulturasi kebudayaan antara Yunani, Mesir, dan Persia
4.Seni Rupa Abad Pertengahan (Nasrani)
Sejak bersatunya kembali daerah bekas kekuasaan kekaisaran Romawi Barat pada abad ke-5, Kreativitas para seniman tidak berkembang.

c. Seni Rupa Pada Zaman Ranissance
Waktu itu ilmu dan seni sudah mulai dikembangkan oleh para tokoh-tokoh besar, di antaranya adalah Leonardo da Vinci, Michelangelo Buonarroti, dan Galileo Galilei.

d. Seni Rupa Barok dan Rokoko
Ciri-ciri seni rupa zaman Barok, antara lain bersifat dinamis, heroik, serta kaya akan cahaya dan warna. gaya seni rupa rokoko menghasilkan seni lukis, seni hias, dan seni pahat.

e. Seni Rupa Zaman Modern
1. Aliran klasikisme dan aliran neo klasikisme
Aliran Klasikisme ini lebih menjurus pada seni bangunan dan seni hias, hal ini diakibatkan dari pengaruh gaya seni Yunani dan Romawi. sedangkan untuk aliran neo klasikisme adalah aliran kelanjutan dari aliran klasikisme yang merupakan aliran dengan gaya yang bebas.
2. Aliran Romantisme, Realisme, dan Naturalisme
Aliran tersebut adalah ciri aliran dari lukisan romantisme yang menampilkan adegan dramatis. Tokoh tersohor dari aliran naturalis-realis ialah Leonardo Da Vinci dan Rembrandt.
3. Aliran Impresionisme dan aliran neo impresionisme
para pelukis aliran impresionisme lebih mengutamakan pencahayaan yang dibuat secara spontan dan singkat.
4. Aliran Ekspresionisme, Surealisme, dan Abstrakisme
 Aliran Abstrak memiliki ciri membebaskan diri dari bentuk-bentuk flugratif (nyata) dan lebih mengutamakan komposisi warna, garis, bidang, atau unsur-unsur lainnya.
5. Aliran pop art dan aliran seni kontemporer
Pelaku seni kontemporer tidak lagi terikat aturan-aturan seni lama. Mereka bebas berekspresi menciptakan gaya, media, dan teknik berkarya seni baru

0 Response to "Sejarah Berkembangnya Seni Rupa Mancanegara di Luar Asia"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2