-->

Menyiapkan Pameran di Sekolah atau di Luar Sekolah

Karya Seni Rupa Di Sekolah


1. Pengertian, tujuan, dan jenis-jenis pameran seni rupa sekolah

Pemeran seni ripa sekolah merupakan kegiatan seni rupa yang mempertontonkan sebuah hasil karya seni rupa para siswa selama menempuh pembelajaran di sekolah kepada khalayak umum, di lingkungan sekitar sekolah maupun di luar sekolah.

Tujuan pemeran seni rupa di sekolah adalah secara umum untuk ditunjukan kepada khalayak umum untuk mendapatka tanggapan dan sebuah apresiasi. Sedangkan untuk secara khusus , Seni rupa di sekolah bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan menumbuhkan sikap apresiatif siswa terhadap seni rupa.

Jenis pemeran seni rupa terdiri dari pemeran tunggal (yaitu diikuti oleh 1 orang pesert) dan pemeran seni rupa bersama (yaitu, diikuti oleh beberapa peserta, lebih dari satu orang atau berkelompok). Dengan demikian, pemeran seni rupa di sekolah termasuk seni rupa bersama.

2. Tata letak kegiatan sebuah pameran

Tata letak sebuah pameran bisa bermacam-macam, namun semua memiliki kesamaann prinsip, yaitu adanyan organisasi kepanitiaan, adanya sarana dan prasarana. persiapan dan pelaksanaan.

Persiapan pameran perlu dilaksanakan dengan secara terencana. persiapan awal yang perlu dilakukan dalam sebuah pameran adalah sebagai berikut.

a. Pengorganisasian 
Organisasi kepanitiaan bertugas mengatur dan mengelola sumber daya yang ada berlandaskan kerjasamayang baik antaranggota.

b. Pembuatan proposal
Pembutana proposal ditunjukan untuk mendapatkan persetujuaan untuk melaksanakan sebuah pameran kepada kepala sekolah.

c. Penentuan Tema
Penentuan tema yang disesuaikan dengan maksud dan tujuan pemeran, atau berkaitan dengan momen hari-hari tertentu.

d. Penyusunan rencana kerja
Rencana kerja menyangkut kegiatan yang akan dilaksanakan dari awal sampai akhir dan disusun secara teratur dalam suatu jadwal kerja.

Dalam penyusunan rencana kerja dan jadwal pemeran sebuah karya seni rupa perlu diperhatikan sebagai berikut.


  1. Kapan dan di mana pemeran dilaksanakan 
  2. Kapan dan dimana seksi-seksi yang dilibatkan perlu mendapatkan pengarahan, informasi atau hal-hal yang terkait dengan tugasnya masing-masing.
  3. Kapan pembuatan perlengkapan pemeran , misalnya seperti brosur, poster, spanduk, dan katalog.
  4. Kapan dan di mana persiapan terakhir / gladi bersih akan dolakukan di dalam atau luar sekolah.
  5. Kapan penutupan pemeran, pengemasan karya, dan pembubaran panitia pemeran.

e. Penentuan tempat pemeran
Sebelum menyelenggarakan pameran, tempat harus disurvai terlebih dahulu untuk melihat kecocokan penggunaannya. Tempat penyelenggaraan pemeran haruslah tempat yang strategis dan memenuhi daya tampung.

0 Response to "Menyiapkan Pameran di Sekolah atau di Luar Sekolah"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2