-->

Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Diri


Setiap orang memiliki keinginan untuk berprestasi . Prestasi yang doperoleh seseorang dipengaruhi dua faktor, yaitu faktor diri dalam diri sendiri dan faktor dari luar dirinya.

a. Faktor dari dalam, misalnya minat, bakat, kepandaian, kebiasaan, kesehatan, emosi, motivasi, dan pengalaman.
b. Faktor dari luar, misalnya sarana prasarana yang tersedia, tingkat sosial ekonomi, kesempatan yang dicapai, kondisi dan lingkungan sekolah, serta kondisi keluarga.

Untuk dapat berprestasi, seseorang memerlukan motivasi. Motivasi berprestasi yang terpenting adalah motivasi diri dalam diri manusia itu sendiri. Seseorang harus bisa bersikap optimis dan menjauhkan diri dari sikap pesimis. Sikap yang optimis akan membuat diri kita merasa tertantang untuk menyelesaikan semua masalah dengan baik.

Motivasi adalah tenaga pendorong atau penarik yang menyebabkan terjadinya perilaku ke arah tujuan tertentu. Motivasi dapat dilihat dari perilaku seseorang. Seseorang dikatakan memiliki motivasi terhadap sesuatu apabila perilakunya menunjukan minat perhatian, ingin ikut serta bekerja keras mencurahkan waktunya untuk hal itu, atau bekerja terus dan belum berhenti kalau belum selesai.

Adapun ciri-ciri yang memiliki motivasi berprestasi sebagai berikut.
  1. Keberanian mengambil resiko
  2. Rasa tanggung jawab yang besar
  3. Menerima dan menggunakan kritik sebagai umpan balik.
  4. Sikap yang berorientasi pada keberhasilan.
  5. Sikap yang kreatif, inovatif, dan mampu menggunakan waktu yang sangat baik.

0 Response to "Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Diri"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2