-->

Cara Membuat Telur Asin Dengan Proses Perendaman Secara Lengkap



Pembuatan telur asin dapat dilakukan dengan cara yang cukup sederhana, yaitu dengan cara hanya merendamkan telur dalam larutan garam.

1. Cara Perendaman
Bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan telur asin dengan cara perendaman, sebagai berikut

  • Telur yang masih baik : 30 Butir
  • Garam : 1 kg
  • Air bersih : 1,6 liter

2. Kebutuhan peralatan
Beberapa peralatan yang dibutuhkan dalam pembuatan telur asin dengan metode perendaman, diantaranya sebagai berikut :

  • Timbangan dan takaran
  • Bak dan keranjang plastik
  • Kompor
  • Panci perebus
  • Pengaduk
  • Busi pencuci

3. Proses Pembuatan
Adapun urutan pembuatan telur asin dengan cara perendaman, diantaranya sebagai berikut :

a. Pembuatan larutan perendam
Proses pembuatan larutan garam jenuh yang berfungsi sebagai larutan perendam didahulukan karena membutuhkan waktu lama untuk pendinginan kembali.
Adapun proses pembuatannya diawali dengan memanaskan air hingga suhu tertentu (tidak perlu sampai mendidih) yang sekiranya cukup dapat membantu proses pelarutan garan dengan salpenter. kemudian masukan garam dan salpenter, dan aduk hingga larut seluruhnya. angkat larutan garam jenuh tersebut dari perapian dan didiamkan beberapa saat hingga menjadi dingin kembali.

b. Pemeliharaan telur
Untuk mengetahui secara pasti kondisi telur yang akan diasinkan, maka perlu dilakukan pemeriksaan sekaligus pemilihan (sortasi). , Tetapi pastikan terlebih dahuli bahwa telur-telur tersebut belum pernah dierami sama sekali dan tidak mengalami retak atau pecah kulit. Lakukan pemeriksaan dengan cara memasukkan telur-telur tersebut ke dalam wadah atau bak plastik yang telah diisi dengan air. Kemudian amati telur telur-telur tersebut dengan sek sama. Telur yang melayang segera di angkat karena telur tersebut tidak baik. sedangkan telur yang terendam atau setengah terendam maka biarkan telur terendam beberapa saat sehingga kotorannya mudah dibersihkan. Telur-telur yang baik tersebut kemudian di cuci dengan sabun dan dibilas menggunakan air bersih lalu ditiriskan.

c. Peredaman
Lakukan perendaman telur dalam larutan garam jenuh. setelah larutan garam jenuh tersebut benar-benar dingin kembali, lakukan perendaman. Untuk menghindari retak dan pecahnya telur dalam proses perendaman, maka sebelum memasukkan telur-telur, tempatkan wadah atau bak perendaman di tempat yang aman dan rata. Kemudian perendaman dapat dilakukan selama 7 - 10 hari, hingga menghasilkan telur asin yang mentah.

4. Perebusan
Lakukan perebusan apabila telur asin tersebut akan dipasarkan dalam kondisi matang. Untuk mencegah retak atau pecahnya telur dalam proses perebusan dapat dilakukan dengan cara berikut :
Masukkan telur dalam panci perebus yang telah diisi air secukupnya. Kemudian panaskan dengan api kecil (kurang lebih 30 menit). Tujuannya adalah memberikan kesempatan putih telur menjadi matang atau mengental. Selanjutnya besarkan api hingga mendidih. Benturan-benturan yang terjadi saat proses perebusan, tidak akan menyebabkan retak atau pecahnya telur-telur asin tersebut.

0 Response to "Cara Membuat Telur Asin Dengan Proses Perendaman Secara Lengkap"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2