-->

Pengertian Seni Tari dan Jenis-Jenis Seni Tari



Seni tari adalah gerakan terangkai yang berirama sebagai ungkapan jiwa atau ekspresi manusia yang di dalamnya terdapat unsur keindahan wiraga, wirama, dan wirupa. berdasarkan penyajian seni tari dapat dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu :

1. Tari Tunggal
Tari Tunggal merupakan bentuk tarian yang ditarikan secara individu atau sendiri, baim penari laki-laki ataupun penari perempuan. Tari tunggal umumnya mempunyai penokohan atau alur cerita.

Contoh Tari Tunggal di Indonesia (Nusantara) : tari baskalan dari Jawa Timur, tari andagan (Jawa Barat), tari topeng (Jawa Barat),  Tari golek dari Jawa Tengah, Tari Panji  Semirang (Bali), Tari Ngremo (Jawa Timur)

2. Tari Berpasangan
Tari Berpasangan merupakan bentuk tari yang ditarikan secara berpasangan, bisa dilakukan oleh laki-laki dengan perempuan, sesama laki, sesama perempuan.

Contoh tari berpasangan di Indonesia (Nusantara) : Tari Cokek dari Jakarta, Tari piso surit dari Batak Karo, tari payung dari melayu, tari oleg tambulilingan dari Bali, tari gale-gale dari Papua.

3. Tari Kelompok
Tari Kelompok adalah bentuk tarian yang ditarikan oleh 3 orang atau lebih secara berkelompok.

Contoh tari kelompok di Indonesia (Nusantara) : tari janger dari Bali, tari kecak dari Bali, Tari Serimpi dari Jawa Tengah, Tari Lawung dari Jawa Tengah.

0 Response to "Pengertian Seni Tari dan Jenis-Jenis Seni Tari"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2