-->

Penjelasan Lengkap Seni Teater di Jawa Barat



Angklung badud bentuknya hampir sama dengan reog, busananya sederhana dan alat musik yang dibawa adalah tong-tong. Bedanya dalam angklung badud tidak ada kritik yang tajam, lawakannya seputar daerah tersebut, dan keluarnya pemain diatur satu per satu. Reog adalah jenis teater atau drama di Jawa Barat yang dimainkan oleh lima orang. Pada pertunjukan , kelima pemain keluar secara bersamaan. Reog menceritakan tentang kehidupan manusia dengan latar belakang kehidupan yang berbeda-beda. Pemain harus peka terhadap situasi dan kondisi masyarakat agar dapat berimprovisasi dengan lawakannya. Lawakan tersebut berisi sendirian dan pertunjukannya diiringi nyanyian dan permainan musik gendang.

Topeng Cirebon adalah teater daerah yang dalam pementasannya para pemain menggunakan topeng dan pengungkapan isi ceritanya lewat seorang dalang. Pemain cukup memperagakan gerak seperti halnya drama tari. Topeng Cirebon ini mirip dengan wayang golek. Cerita yang dipentaskan adalah cerita Menak, Ramayana, dan Mahabarata.

Bonjet merupakan drama daerah yang sering dipentaskan di daerah Cikampek dan Karawang Bentuk dan isi ceritanya hampir sama dengan longser. Musik pengiringnya berasal dari kendang, rebab, kecrek, dan kromong.

Longser adalah kelompok drama daerah yang tumbuh dan berkembang di Conggeng, Sumedang. Isinya juga bercerita tentang kehidupan manusia. Longser memiliki unsur, tari, pencak silat, dan lawakan. Pengiring longser adalah musik gamelan.

1 Response to "Penjelasan Lengkap Seni Teater di Jawa Barat"

  1. Keponakanku kalo liat reog kok sampe nangis y.. Serem g si



    PROxyz

    ReplyDelete

Iklan Tengah Artikel 2