-->

Cara Mengembangkan Potensi Diri dalam Diri Manusia



Pengembangan potesi merupakan upaya untuk memaksimalkaan seluruh potensi yang positif dan meminimalkan seluruh kelemahan yang ada pada diri manusia. Menurut La Rose, pengembangan diri dapat dilakukan melalui beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Bergaul dengan bukan yang satu profesi dalam artian berbeda profesi
  2. Pilihlan teman yang mau diajak diskusi.
  3. Bersikap dan berfikir positif tentang sesama.
  4. Biasakan mengucap terima kasih.
  5. Biasakan mengatakan hal-hal yang menghargai orang lain.
  6. Biasakan berbicara aktif.
Pada dasarnya setiap manusia memiliki peluang untuk berprestasi karena setiap maanusia sebenarnya memiliki potensi diri, kecerdasan, dan bakat bawaan. Ada beberapa kekuatan penting yang harus dimiliki seseorang untuk mampu mengidentifikasi peluang menjadi prestasi, yaitu sugesti diri, trasmutasi, master mind, hipnotis diri, dan alam bawah sadar.

a. Pengertian Sugesti Diri
Sugesti diri adalah jalan alam bawah sadar melalui cara yang sederhana dan berada di dalam pengendalian seseorang.

b. Pengertian Transmutasi
Trasmutasi adalah suatu tindakan untuk mengubah kondisi, hakikat atau jalan pikiran menjadi kondisi, hakikat atau jalan pikiran yang lain. Misalnya mengalihkan pikiran dari jalan pikiran hal-hal yang menyebabkan timbulnya ketakutan, ketidak bahagiaan, dan kemelaratan ke hal yang menyebabkan kemakmuran, kebahagiaan, dan keberhasilan.

c. Pengertian Master Mind
Master mind adalah gabungan dua pikiran atau lebih tang harmonis untuk mencapai tujuan tertentu, misalnya antara murid dengan guru/pembimbing dalam suatu eksperimen tertentu kemudian berdiskusi dan keduanya menemukan konsep baru sebagai perpaduan pikiran keduanya.

d. Pengertian Hipnotis Diri
Hipnotis diri adalah sarana yang disebabkan oleh alam yang memungkinkan seseorang mengendalikan pikiran untuk mencapai tujuan yang dikehendaki baik negatif maupun positif.

e. Pengertian Alam Bawah Sadar
Alam bawah sadar terdiri atas bagian otak yang berfungsi sebagai indra keenam dan pintu masuk ke intelegensi otak terbatas.

0 Response to "Cara Mengembangkan Potensi Diri dalam Diri Manusia"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2