-->

Sikap-Sikap Positif untuk Berprestasi



Sikap positif terhadap setiap peluang untuk berprestasi sangat bergantung pada kreativitas seseorang. Orang yang kreatif membawa makna dan tujuan baru dalam suatu tugas, menemukan penggunaan baru, menyelesaikan masalah  dan memberikan nilai tambah. Kreativitas bermanfaat baik bagi orang lain yang membutuhkannya.

Sikap-sikap positif terhadap setiap peluang untuk berprestasi sebagai berikut.

a. Memiliki Motivasi dalam Mencapai Tujuan Hidup
Motivasi merupakaan keadaan dalam diri seseorang yang mendorong perilaku ke arah tujuan. Orang yang memiliki motivasi diri yang baik adalah orang yang memiliki cita-cita yang dinamis, serta sering mencurahkan kemampuannya untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Motivasi mempunyai tiga aspek sebagai berikut.
  1. Keadaan terdorong dalam diri seseorang , yaitu kesiapan bergerak karena kebutuhan-kebutuhan, keadaan lingkungan, dan keadaan mental.
  2. Perilaku yang timbul dan terarah karena keadaan.
  3. Tujuan yang ingin di dapat (dituju) oleh pelaku
b. Memiliki kreativitas
Kreativitas adalah kemampuan mental dan berbagai jenis ketrampilan manusia yang dapat melahirkan pengungkapan yang unik , orisinil, berbeda, sama sekali baru, efisien, tepat sasaran, dan tepat guna.

c. Memiliki Optimisme yang Realistis
Optimisme yang baik adalah optimisme yang realistis, yaitu optimisme yang masih dalam jangkauan dan dimungkinkan untuk dapat dicapai.

d. Memiliki kualitas mental dan etos kerja
Seseorang yang memiliki kualitas dan etos kerja yang baik, tidak akan tergantung dan terpengaruh orang lain sehingga prestasinya akan membawa kedamaian dalam hidupnya.

e. Memiliki Rasa Percaya Diri
Untuk membangun rasa percaya diri, kita harus menghilangkan rasa cemas, takut, dan sikap ragu-ragu pada diri kita.

0 Response to "Sikap-Sikap Positif untuk Berprestasi"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2