-->

Identifikasi Pembagian Negara Maju dan Negara Berkembang di Dunia

Negara Maju dan Negara Berkembang
Tiap-tiap negara memiliki karakteristik dan potensi sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang berbeda-beda. Negara-negara itu bisa dikategorikan sebagai negara maju dan negara berkembang.


1. Pembagian Negara-negara di Dunia

Pembagian negara maju dan negara berkembang umumnya dilakukan oleh organisasi-organisasi dan lembaga-lembaga internasional yang berkepentingan dengan pembagian negara-negara berdasarkan kriteria tertentu. Berikut pembagian kategori negara, beserta bentuk-bentuk perkembangan tingkat sosial ekonomi negara-negara di dunia.

a. Pada tahun 1950 di Negara Prancis digunakan istilah berikut.

  1. Negara maju atau negara telah berkembang
  2. Negara sedang berkembang
  3. Negara dunia ketiga atau negara selatan

b. Pada tahun 1960-an, pembagian negara-negara berdasarkan keadaan politik dan ekonomi sebagai berikut.

  1. Negara dunia pertama, meliputi negara-negara industri dengan corak ekonomi pasar, yaitu negara-negara kapitalitas atau dunia berat.
  2. Negara dunia kedua, meliputi negara-negara ekonomi terencana secara sentral 
  3. Negara dunia ketiga, meliputi negara-negara yang lebih miskin yang banyak diantaranya baru merdeka dari penjajah.
c. Pada tahun 1980, perkembangan internasional yang dikenal dengan istilah "Laporan Brandt" membedakan negara-negara di dunia menjadi empat sebagai berikut.

  1. Negara-negara utara yang kaya
  2. Negara-negara telah berkembang
  3. Negara-negara selatan yang miskin
  4. Negara-negara yang sedang berkembang

d. Selain istilah diatas, muncul terbitan buku yang berjudul "Utara Selatan" pada tahun 1980. Pengertian negara selatan dan negara utara menurut buku tersebut adalah sebagai berikut

1. Negara Utara
Negara Utara merupakan sebutan kelompok negara-negara kaya atau telah berkembang atau negara maju. Yang termasuk negara utara adalah Amerika Serikat dan Kanada  di Benua Amerika Utara, Inggris, Jerman, Belanda, Prancis di Benua Eropa, Jepang, dan Korea Selatan di Benua Asia.

2. Negara Selatan
Negara Selatan merupakan sebutan negara-negara miskin atau belum berkembang atau sedang berkembang. Negara yang termasuk negara selatan adalah Benua Afrika, Benua Amerika Selatan dan tengah, Asia Selatan, Asia Tenggara.

e. Pembagian negara maju dan berkembang menurut Bank Dunia dikelompokan menjadi 4 kategori, diantaranya sebagai berikut.

  1. Negara maju dengan berpendapatan tinggi
  2. Negara berkembang yang berpendapatan menengah
  3. Negara dunia ketiga yang berpendapatan rendah
  4. Negara-negara pengekspor minyak yang dikelompokan secara khusus tidak dimasukkan dalam tiga kelompok diatas.

f. UNDF (United Nations Development Program)
Mengelompokkan negara-negara maju dan berkembang dengan menggunakan berbagai faktor nonekonomi, seperti tingkat harapan hidup, tingkat kematian bayi, dan tingkat pendidikan. Dengan demikian, keberhasilan suatu negara didasarkan pada keberhasilan dalam membangun kualitas kehidupan manusia yang menjadi penduduk di wilayahnya.


0 Response to "Identifikasi Pembagian Negara Maju dan Negara Berkembang di Dunia"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2