-->

Merancang Pertunjukan Teater Nusantara dan Menerapkan Kerja Sama dalam Berteater


Merancang mempunyai arti mengatur segala sesuatunya atau merencanakan sesuatu. Hal ini merupakan proses untuk menetapkan hal-hal yang ingin dicapai dan bagaimana cara mencapainya. Dalam pertunjukan seni Teater Nusantara dengan perencanaan yang matang akan menghasilkan pertunjukan teater yang baik dan berbobot. Demikian ini tak lepas dari kerja sama dengan berbagai pihak. Misalnya kerja sama dengan sesama panitia, kerja sama antar pemain teater, kerja sama dengan sponsor dan segalanya.

Hal-hal yang perlu dirancang dalam pertunjukan teater Nusantara, yakni :

1. Menetukan tema
Tema merupakan dasar cerita. Tema memberikan seluruh kesandan nuansa pertunjukan tersebut.
Misalnya tema tentang perjuangan 45, Narkoba, perlindungan hutan dan sebagainya.

2. Menentukan rencana kegiatan
rencana kegiatan pertunjukan teater Nusantara misalnya kapan pelaksanaannya, tempat di mana, sipa yang terlibat dan langkah-langkah apa yang harus dilakukan dan sebagainya.


Menyiapkan dan Menggelar Pertunjukan Teater Nusantara di Sekolah

Persiapan dalam pertunjukan teater Nusantara di Sekolah, harus disiapkan dengan matang,karena melibatkan berbagai pihak seperti ketua kelas masing-masing kelas, kepala sekolah waka kesiswaan, pembina Osis, Pengurus Osis, dan sebagainya.

Persiapan meliputi Tema yang sudah ditentukan, rencana yang dipertunjukan, dana yang digunakan , tempat pertunjukan sudah ditentukan, susunan panitianya, sponsor yang digunakan, jika perlu, berapa siswa atau orang yang diundang, pemain-pemain konsernya dan sebagainya. Jika semuanya sudah siap, maka teater Nusantara siap untuk digelar atau dipentaskan

0 Response to "Merancang Pertunjukan Teater Nusantara dan Menerapkan Kerja Sama dalam Berteater"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2