-->

Pengertian Hak Asasi Manusia dan Pelanggaran HAM



Masalah hak asasi manusia telah lama menjadi topik hangat yang diperdebatkan dan tercantum dalam agenda-agenda internasional. Inti dari perdebatan tersebut adalah bagaimana mencari mekanisme untuk menjamin hak asasi manusia dan mencegah pelanggaran HAM. Selain itu, juga untuk menanamkan pada masyarakat internasional betapa pentingnya penghormatan terhadap hak asasi manusia, baik itu bagi kehidupan bernegara maupun hubungan antarnegara.

HAM merupakan hak yang diperoleh manusia karena kodratnya sebagai manusia dari lahir hingga ajal menjemput dan tidak dapat diganggu gugat oleh siapapun , Seiring dengan perkembangan zaman, HAM banyak dilanggar oleh manusia itu sendiri. Apabila pada masa sebelum Reformasi banyak terjadi pelanggaran HAM yang bersifat vertikal, pada masa setelah Reformasi pelanggaran HAM justru banyak yang berlangsung secara horizontal.


1. Pengertian Pelanggaran HAM

Berdasarkan pasal 1 angka 6 UU No. 39 Tahun 1999, yang dimaksud dengan pelanggaran hak asasi manusia adalah setiap perbuatan seseorang atau kelompok yang termasuk aparat negara baik sengaja maupun tidak disengaja, atau kelalaian yang secara melawan hukum mengurangi, menghalangi, membatasi, dan  mencabut hak asasi manusia seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh undang-undang ini, dan tidak mendapatkan, atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh penyelesaian hukum yang adil dan benar, berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku.


0 Response to "Pengertian Hak Asasi Manusia dan Pelanggaran HAM"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2