-->

Sikap Apresiatif terhadap Keunikan dan Pesan Moral Seni Teater Nusantara


Beberapa jenis teater Nusantara seperti di Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Timur memiliki keunikannya masing-masing. Sebagai seorang siswa atau peminat seni, maka anda harus memberikan sikap apresiatif, yakni menghargai terhadap faktor-faktor tersebut.

Sikap apresiatif siswa dapat tergerakan dan tumbuh melalui beberapa aktivitas antara lain :
Melihat atau menonton dan memperhatikan pertunjukan teater atau drama
Mencari dan membaca naskah drama atau teater
Mencari usaha lain yang dapat merangsang daya apresiatif siswa.

Misalnya teater reog yang berasal dari Jawa Barat, juga di Jawa Timur juga tepatnya di kota Ponorogo terkenal dengan nama Reog Ponorogo, iti juka mempunyai keunikan. Saat permainan reog berjalan, ada pemain-pemain pendamping yang seperti kesurupan. Ada yang makan kaca (beling) dengan gerakan dan gaya yang unik. Sementara itu, reog bermain secara energik (beringas) seperti mengamuk ingin memakan atau menyambar mangsanya atau penonton.

Pesan moral yang terdapat pada reog tersebut kita tak boleh mudah terpancing oleh hasutan atau provokasi orang lain sehingga tak mudah marah, tak mudah melakukan tindakan anarki atau kekerasan. Di samping itu juga menampilkan kedigdayan, yakni mereka berani makan kaca (beling), pemain ada yang dicambuk-cambuk, tetapi tetap kebal dan tidak terjadi apa-apa.

0 Response to "Sikap Apresiatif terhadap Keunikan dan Pesan Moral Seni Teater Nusantara"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2