-->

Ciri-Ciri Karakteristik Globalisasi



Berikut Ciri-ciri globalisasi sebagai kriteria dalam perkembangan masyarakat dunia.

a. Perubahan dalam Konsep Ruang dan Waktu

Perubahan konsep ruang dan waktu yang diakibatkan oleh perkembangan telepon genggam, televisi satelit, dan internet menunjukkan bahwa komunikasi global terjadi demikian cepatnya, sementara melalui pergerakan masa semacam turisme kemungkinan kita merasakan banyak hal dari budaya yang berbeda.

b. Ketergantungan Pasar dan Produksi Ekonomi

Pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung antara satu negara dengan negara lain. Hal ini sebagai akibat dari pertumbuhan perdagangan internasional, peningkatan pengaruh perusahaan multinasional, dan dominisi organisasi semacam World Trade Organization (WTO)

c. Peningkatan Interaksi Kultural melalui Media Massa

Peningkatan interaksi kultural melalui perkembangan media massa (terutama televisi, film, musik, transmisi berita, dan olahraga internasional). Saat ini kita dapat mengonsumsi dan mengalami gagasan dan pengalaman baru mengenai hal-hal yang melintas beraneka ragam budaya, Misalnya dalam bidang gaya pakaian, literatur, dan makanan.

d. Munculnya Masalah Global

Munculnya masalah global yang menuntut dunia mengatasi masalah tersebut secara bersama. Misalnya, pada bidang lingkungan hidup, krisis multinasional, inflasi regional dan lain-lain.

Globalisasi juga berpengaruh dalam bidang kebudayaan dalam suatu negara. Ciri berkembangnya globalisasi dalam bidang kebudayaan dalam suatu negara. Ciri berkembangnya globalisasi dalam bidang kebudayaan sebagai berikut.

  1. Berkembangnya pertukaran kebudayaan internasional.
  2. Penyebaran prinsip multikebudayaan dan kemudahan akses suatu individu terhadap kebudayaan lain di luar kebudayaan.
  3. Berkembangnya mode berskala besar, seperti pakaian , film, dan lain-lain.
  4. Berkembangnya turis mancanegara dan pariwisata
  5. Semakin banyaknya imigrasi dari suatu negara ke negara lain
  6. Bertambah banyaknya event-event berskala global, seperti olimpiade.

0 Response to "Ciri-Ciri Karakteristik Globalisasi"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2