-->

Karakteristik dan Trend Globalisasi



Beberapa karakteristik atau trend globalisasi sebagai berikut.

a. Perubahan Akseleratif

Perubahan akseleratif, yaitu perubahan yang sangat cepat dalam segala bidang terutama yang berhubungan  dengan independensi atau ketergantungan dengan ekonomi, teknologi informasi dan komunikasi di antara negara-negara di dunia.

b. Aliran model Tanpa Batas

 Aliran modal tanpa batas, yaitu tumbuhnya iklim investasi yang mencangkup berbagai produk. Banyak perusahaan-perusahaan multinasional yang melakukan ekspansi ke negara-negara lain untuk mendapatkan komponen-komponen produk yang tidak lagi dari anak perusahaannya, tapi dapat juga dari perusahaan-perusahaan lain sehingga terwujud produk barang jadi.

c. Ekonomi Pengetahuan

Ekonomi pengetahuan, yaitu bahwa globalisasi telah membawa hubungan ekonomi antarbangsa yang ditandai saling ketergantungan antara negara-negara maju dan negara berkembang dengan segala implikasi yang ditimbulkannya. Hal ini menjadi kajian ilmu pengetahuan bagi para akademisi, ekonomi, perumus kebijakan baik pemerintah maupun dunia usaha.

d. Hiper Kompetisi

Hiper kompetisi, yaitu segala daya upaya yang dilakukan baik dari dunia usaha, dunia industri maupun pemerintah yang selalu berkompetisi untuk memperoleh simpati dan segmen pasar yang sebanyak-banyaknya. Pemanfaatan media komunikasi dan informasi sangat gencar dalam publikasi untuk menawarkan produk-produk unggulan yang berkualitas dengan segala kelebihannya sesuai dengan trend yang ada di dalam masyarakat.

e. Global dan Kompleks

Global dan kompleks, yaitu segala hal yang terkait dengan transnasional produk telah terjadi saling ketergantungan yang memerlukan singkat manajemen  tinggi dan kompleks. Oleh sebab itu, globalisasi telah memberikan implikasi analisis pemikiran yang integrated dan komprehensif.

0 Response to "Karakteristik dan Trend Globalisasi"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2