-->

Pengertian Globalisasi dan Pentingnya Globalisasi Bagi Indonesia


Globalisasi

Peradaban dunia dari masa ke masa akn mengalami perubahan. Kehidupan manusia pernah melewati masa prasejarah, masa sejarah, masyarakat tradisional dan sekarang ini adalah era globalisasi. Sebenarnya kapan masa ini disebut sebagai era globalisasi? Para ahli saja tidak dapat memastikan masuknya era globalisasi. Namun istilah era globalisasi populer setelah perang dunia 2 berakhir. Perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan dan ilmu teknologi juga semakin menguatkan pengaruh globalisasi. Berkat masuknya era globalisasi membuat negara-negara di dunia menjalin hubungan internasional. Lalu bagaimana dengan sikap masyarakat dengan dampak globalisasi? untuk memperjelas maksud dari globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, simaklah materi berikut ini.

A. Pentingnya Globalisasi Bagi Indonesia

Globalisasi merupakan proses perkembangan pada masa kini yang mempunyai pengaruh dalam mendorong munculnya perubahan dunia yang akan berlangsung. Globalisasi akan membawa kesadaran yang tajam tentang konsep dunia tanpa tapal batas.

1. Pengertian Globalisasi
Istilah globalisasi mulai digunakan untuk pertama kalinya oleh seorang tokoh yang bernama Theodore Levitte pada tahun 1985. Globalisasi dalam bahasa inggris disebut globe, artinya dunia atau bola dunia.

Menurut asal mula katanya, Globalisasi berasal dari kata globe  yang artinya universal. Globalisasi dapat diartikan sebagai suatu proses menuju lingkup dunia. Pengertian globalisasi belum dapat diartikan berbeda-beda bergantung dari sudut pandang orang melihatnya.

berikut beberapa pengertian tentantg globalisasi.
  • Globalisasi adalah proses, di mana sebagai peristiwa, keputusan, dan kegiatan di belahan dunia yang satu dapat membawa konsekuensi penting bagi individu dan masyarakat di belahan dunia yang lain.
  • Globalisasi adalah proses meningkatnya aliran barang, jasa, uang dan gagasan melintasi batas-batas negara.
  • Globalisasi adalah proses di mana perdagangan, informasi, dan budaya makin bergerak melintasi batas negara.
  • Globalisasi adalah Meningkatkan saling keterkaitan diantara berbagai belahan dunia melalui terciptanya proses ekonomi, lingkungan, politik, dan pertukaran kebudayaan.
  • Globalisasi merupakan gerakan menuju terciptanya pasar atau kebijakan yang melintasi batas nasional

0 Response to "Pengertian Globalisasi dan Pentingnya Globalisasi Bagi Indonesia"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2