-->

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli



Berikut ini adalah pengertian globalisasi menurut para ahli.

a. Imamanuel Richter
Globalisasi merupakan jaringan kerja globalisasi yang secara bersamaan menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar-pencar dan terisolasi dalam planet ini ke dalam ketergantungan dan peratuan dunia.

b. R. Robertson
Globalisasi adalah proses mengecilnya dunia dan meningkatnya kesadaran akan dunia sebagai satu  kesatuan, saling ketergantungan dan kesadaran global akan duni yang menyatu di abad ke-20.

c. Martin Albrown
Globalisasi menyangkut seluruh proses di mana penduduk dunia terhubung ke dalam komunitas dunia yang tunggal, komunitas global.

d. Malcolm Waters
Globalisasi adalah sebuah proses sosial di mana halangan-halangan bersifat geografis pada tatanan sosial dan budaya semakin menyusut dan setiap orang kian sadar bahwa mereka semakin dekat satu sama lain.

e. Achmad Suparman
Globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu (benda atau perilaku) sebagai ciri dari setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah.

f. Selo Sumardjan
Globalisasi adalah terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah yang sama.

Berdasarkan urian di atas globalisasi berarti suatu proses sosial, proses sejarah, atau proses alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terkait satu sama lain, mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan koeksistensi dengan menyingkirkan batas-batas geografi, ekonomi, dan budaya masyarakat.

0 Response to "Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2