-->

Pengertian Potensi Diri



Salah satu tujuan hidup adalah siapakah diri kita?. Namun, Menemukan siapa diri kita tidaklah mudah. Oleh karena itu, kita harus sungguh-sungguh untuk menemukan diri kita. Proses penemuan diri ini sama pentingnya dengan hasil yang mungkin dicapai oleh penemuan diri tersebut. Pemetaan pikiran adalah teknik hebat yang akan membantu kamu dalam perjalanan penemuan dirimu.

1. Pengertian Potensi

Setiap manusia yang lahir di dunia memiliki potensi. Potensi dari bahasa inggris berasa dari kata to potent yang berarti keras dan kuat. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, potensi berarti keampuan yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan. potensi dapat diartikan sebagai kemampuan , kekuatan, kesanggupan, atau daya, baik sudah terwujud atau belum terwujud, tetapi belum optimal.

Jadi, potensi diri adalah kemampuan yang dimiliki setiap pribadi (individu) yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan dalam berprestasi, potensi diri juga dapat berarti kemampuan yang terpendam pada diri setiap orang dan setiap orang memilikinya.

Menurut La Rose ciri-ciri orang yang memiliki potensi sebagai berikut.
  1. Suka belajar dan mau melihat kekurangan dirinya.
  2. Memiliki sikap yang luwes.
  3. Berani melakukan perubahan secara total untuk perbaikan.
  4. Tidak mau menyalahkan orang lain atau keadaan.
  5. Memiliki sikap yang tulus bukan kelicikan.
  6. Memiliki rasa tanggung jawab.
  7. Menerima kritik dan saran dari luar.
  8. Berjiwa optimis tidak mudah putus asa.

0 Response to "Pengertian Potensi Diri"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2