-->

Macam-Macam Kecerdasan yang Dimiliki Manusia



Dr. Howard Gardner mengatakan bahwa indikator kecerdasan itu bukan satu melainkan banyak. Ia gunakan risetnya kepada anak-anak maupun orang dewasa untuk menemukan lebih banyak tentang bagaimana manusia itu belajar. Dr. Gardner menemukan manusia itu tampaknya manusia itu belajar dan menunjukan kecerdasan mereka dalam berbagai cara. Ia juag memperhatikan bagian otak yang berbeda-beda tampaknya menentukan berbagai indikator kecerdasan yang berbeda-beda pula. Ia pun menemukan suatu ide maupun teori untuk menjelaskan cakupan kemampuan yang luas yang dilihatnya itu. Ia menyebut ide itu teori Multipel Inteligensi (Teori MI).

Teori Multipel Inteligensi mengatakan bahwa ada beberapa kecerdasan manusia seperti sebagai berikut.

a. Kelompok Visual atau Spesial
Kelompok orang yang memiliki kecerdasan visual atau spesial, misalnya kesenangan meraikai bunga, merancang poster, menata perabot rumah tangga, bermain tanah liat, menciptakan berbagai bentuk, dan kesenangan komputer.

Mereka juga biasanya suka bermain teka-teki silang dan sangat mahir menyelesaikan berbagai masalah yang sangat rumit.

b. Kecerdasan Verbal atau Linguistik
Kecerdasan verbal adalah kecerdasan dalam memahami struktur, arti, dan penggunaan bahasa dengan tulis maupun lisan.

c. Kecerdasan Musik
Kecerdasan ini menunjuk pada pemahaman tentang musik yang tinggi. Kecerdasan ini ditandai dengan kemampuan memahani pola nada, tinggi rendahnya nada, melodi, dan irama.

d. Kecerdasan Kinestetis
Kecerdasan kinestesis adalah jenis kecerdasan dalam menguasai olah tubuh dan mengekspresikan gagasan dan emosi melalui gerakan.

e. Kecerdasan Logis atau Matematis
Kecerdasan Matematis terlihat pada kemampuan dalam menghitung dan memecahkan angka-angka.

f. Kecerdasan Intrapersonal
Orang-orang dengan kecerdasan tingkat intrapersonal biasanya sangat percaya diri dan pada saat yang sama bersedia bekerja sama dengan orang lain.

g. Kecerdasan Interpersonal
Orang yang memiliki kecerdasan interpersonal yang tinggi supel, mudah bergaul, dan disenangi banyak kawan.

h. Kecerdasan Intuisi
Kecerdasan intuisi ini memang sangat jarang terjadi (langka). Kemampuan mengamati peristiwa dan gejala tertentu, kemudian mampu mengesankan dengan meramalkan kejadian yang akan datang termasuk dalam jenis kecerdasan intuisi.

0 Response to "Macam-Macam Kecerdasan yang Dimiliki Manusia"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2