-->

Macam-Macam Potensi Diri yang Dimiliki Manusia



Setiap orang memiliki potensi yang berbeda-beda. Menurut sifatnya, potensi dikelompokan menjadi potensi jasmaniah dan rohaniah.
  1. Potensi Jasmaniah, berupa daya atau kekuatan fisik seseorang yang dapat dikembangkan  guna meraih prestasi hidup.
  2. Potensi Rohaniah, merupakan potensi manusia yang bersifat kejiwaan, seperti potensi intelektual, estetika, dan etika.
Secara umum potensi diri yang ada pada setiap manusia dapat dibedakan menjadi berikut.

a. Potensi Fisik
Potensi fisik (psychomotoric) adalah organ fisik manusia yang dapat dipergunakan dan diberdayakan untuk berbagai kepentingan pemenuhan kebutuhan hidup. Setiap potensi fisik yang dimiliki manusia mempunyai fungsi sendiri-sendiri. 

b. Potensi Mental Intelektual
Potensi mental intelektual (intellectual quotient/IQ) adalah potensi kecerdasan yang ada dalam otak manusia. Potensi ini berfungsi untuk menganalisis, merencanakan, atau menghitung.

c. Potensi Sosial
Potensi sosial (emotional quotinet/EQ) adalah potensi kecerdasan yang ada pada otak manusia (otak sebelah kanan). Potensi berfungsi untuk mengendalikan marah, bertanggung jawab, motivasi, dan kesadaran diri.

d. Potensi Mental Spiritual
Potensi mental spiritual (spiritual quotient/SQ) adalah potensi kecerdasan yang bertumpu bagian dalam diri sendiri  yang berhubungan kearifan di luar ego atau jiwa sadar (bukan hanya mengetahui nilai, tetapi menemukan nilai).

e. Potensi Ketahanmalangan
Potensi ketahanmalangan (adversity quotient/AQ) adalah potensi kesadaran manusia  yang bersumberdayakan pada bagian diri manusia yang berhubungan dengan keuletan, ketangguhan, dan daya juang. AQ adalah faktor spesifik sukses prestasi seseorang karena mampu merespon berbagai kesulitan.

0 Response to "Macam-Macam Potensi Diri yang Dimiliki Manusia"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2