-->

Potensi Diri dalam Diri Manusia yang Bersifat Positif



Berikut potensi diri yang bersifat positif.

1. Memiliki Idealisme
Sebagai generasi muda kita harus memiliki ide yang kita yakini kebenarannya dengan didukung fakta dan berusaha untuk mewujudkannya dalam tujuan hidup kita.

2. Dinamis dan Kreatif
Sifat dinamis dan kreatif dalam arti selalu berkembang mengikuti perkembangan zaman tanpa berhenti untuk berkreasi dalam mencapai tujuan tanpa mengabaikan norma-norma yang ada dalam kehidupan sehari-hari, baik norma agama, norma hukum, dan norma kesopanan.

3. Keberanian Mengambil Resiko
Setiap tindakan yang dilakukan bukan tanpa resiko karena jika ada sebab pasti akan ada akibat. Untuk itu sebelum bertindak harus selalu mempertimbangkan resiko yang akan timbul dan berusaha menghadapi serta mengatasinya dengan baik.

4. Optimis dan Kegairahan Semangat
Manusia yang hidup di era globalisasi ini tidak boleh pesimis. Sebagai bagian dari dunia seseorang harus selalu optimis dan mempunyai kegairahan semangat supaya tidak putus asa dan lemah sebelum bertanding.

5. Kemandirian dan Disiplin Murni
Kita adalah bagian dari bangsa yang mandiri dan berdiri diatas kaki sendiri dan memiliki disiplin yang tinggi. Pendidikan  disiplin bukan hanya patuh terhadap atura tetapi harus juga terwujud dalam bentuk pengakuan dalam bentuk hak dan keinginan orang lain, serta mau mengambil bagian dari memikul tanggung jawab sosial secara manusiawi.

6. Fisik yang Kuat dan Sehat
Jiwa yang meledak-ledak penuh semangat dengan berbagai ide jika tidak ditunjang ole fisik yang kuat dan sehat tentu tidak akan ada artinya.

7. Sikap Ksatria
Ksatria adalah sikap yang sportif yaitu berani mengakui kesalahan dan kekalahan jika mengalaminya, serta bersedia untuk tidak melakukan lagi perbuatan dan meminta maaf.

8. Trampil dalam Menerapkan Iptek
Melalui pendidikan dan pelatihan para siswa diharapkan dapat melatih ketrampilannya dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di sekolah.

9. Kompetitif
 Di era globalisasi sekarang ini, setiap individu harus mampu menunjukan kelebihan dirinya dengan cara berkompetisi dengan bangsa lainnya.

10. Daya Pikir yang Kuat
Untuk mencapai keberhasilan, seseorang harus memiliki daya pikir yang kuat dan didukung dengan motivasi yang kuat pula dengan dirinya.

0 Response to "Potensi Diri dalam Diri Manusia yang Bersifat Positif"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2