-->

Merancang dan Membuat Karya Seni Kriya Tekstil dengan Teknik dan Corak Seni Rupa Terapan Nusantara

Tekstil mempunyai arti barang-barang tenun (seperti cita, kain putih), bahan pakaian.

1. Membuat Rancangan 
     Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam membuat produk benda tertentu adalah mendesain atau membuat pola. Pola adalah gambar rancangan atau model yang dipakai sebagai contoh. Pembuatan pola dibuat bertujuan untuk membuat acuan dalam bekerja.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan rancangan atau desain antara lain :

a. Ukuran
     Desain pola dibuat dengan ukuran dan skala yang benar. Setiap ukuran harus diperhitungkan dengan cermat.

b. Bahan
     Pembuatan desain harus meperhatikan bahan dan sifat-sifat bahan. Bahan berbeda membutuhkan pengerjaan dan membuahkan hasil yang berbeda pula. Dengan memperhitungkan bahan, kita akan dapat merancang produk benda dengan baik.

c. Langkah kerja
     Langkah-langkah kerja sangat penting dalam mendesain produk benda pakai. Hal ini dimaksudkan agar terjadi efesisiensi dan efektivitas waktu, tenaga, dan bahan.Perlu diperhatikan pula dalam proses pembuatan suatu benda, tahap membuat pola harus berkesinambungan dengan proses pengerjaan.

2. Pembuatan
     Membuat benda pakai dengan teknik menjahit ada beberapa jenis. Pada umumnya benda pakai sangat sederhana dan digunakan dalam kehidupan sehari - hari. Berikut ini beberapa benda pakai yang dapat anda buat.

Membuat Tatakan Panahan Panas dari Kain Perca

     Sungguh sayang bila kain perca dibuang begitu saja. Padahal, potongan – potongan kain tersebut dapat digunakan untuk membuat tatakan tempat nasi, magkuk sayur, dan sebagainya. Untuk membuat tatakan panas dari kain perca, coba perhatikan beberapa bahan, alat dan cara membuatnya di bawah ini.

Bahan dan Peralatan:
1. Kain perca
2. Jarum jahit, jarum pentul
3. Jepitan Kertas
4. Benang Jahit
5. Gunting

Cara membuatnya:
1. Ambilah jenis dan motif kain perca yang menurut kamu dianggap menarik.
2. Potong kain perca sampai selebar 2 cm. Kemudian sambung – sambung pada sisi yang pendek.
3. Bila sambungan tersebut sudah panjang, selanjutnya lipat ujungnya dan jahit agar terlihat rapi dan kain perja menjadi berbentuk pita.
4. Kemudian jepit tiga pita menjadi satu dan jalinlah ketiga pita tersebut seperti layaknya menjalin rambut.
5. Gulunglah dan buatlah melingkar rapat seperti lingkaran obat nyamuk.
6. Kaitkan sap demi sap lingkaran dengan dijahit.
7. Bilalilitan sudah lebar sesuai dengan yang kita inginkan dan kita hendaki, kemudian potong dan rapikan dengan cara menjahit.

Kemasan Tatakan

     Setelah selesai membuat tatakan, berilah kemasan yang menarik agar menambah nilai pamer dan jualnya. Kemasan bisa dilakukan dengan memasukan pada kantong plastik transparan atau kombinasi antara karton dan mika transparan.

Ekspresi Diri Melalui Karya Seni Lukis atau Gambar

1. Ekspresi diri berupa kartun atau karikatur
2. Ekspresi diri berupa ilustrasi



     Seni lukis atau gambar merupakan seni yang diwujudkan lewat rangkaian garis dengan pewarna dibatasi oleh bidang dan mempunyai raba serta disusun secara terang.
     Seni lukis adalah salah satu hasil karya seni yang merupakan gambaran penghayatan, dorongan – dorongan baik ide atau gagasan serta macam – macam perasaan yang kemudian dituangkan dalam bentuk dua dimensi.
     Pada perkembangan saat ini antara melukis dan menggambar terdapat perbedaan, perbedaan tersebut terletak pada masalah ukuran atau takaran ekspresi di dalam mewujudkannya. Pada perwujudan melukis ekspresi si pelukis dapat tertuang secara penuh sehingga ide atau gagasan dan berbagai perasaan dapat tertuangkan. Lain halnya dengan perwujudan menggambar, cabang seni rupayang satu ini kehadirannya terikat oleh bentuk – bentuk yang digambarkannya. Akibatnya, timbul suatu tuntunan yang perlu direalisasikan secara tepat misalnya pada gambar bentuk, gambar model, kedua jenis gambar ini betul-betul memerlukan suatu ketepatan yang sempurna yang akhirnya akan menekan gerak ekspresi si pembuatnya.

0 Response to "Merancang dan Membuat Karya Seni Kriya Tekstil dengan Teknik dan Corak Seni Rupa Terapan Nusantara"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2