-->

Penggolongan Demokrasi yang dapat dilihat dari berbagai sudut pandang



Penggolongan demokrasi dapat kita lihat dari berbagai sudut pandang antara lain sebagai berikut.

a. Dilihat dengan cara penyaluran kehendak rakyat

  1. Demokrasi langsung (direct democracy), bahwa secara langsung rakyat dapat membicarakan dan menentukan suatu urusan politik kenegaraan.
  2. Demokrasi perwakilan/tidak langsung (representative democracy) bahwa aspirasi rakyat dapat disalurkan melalui wakil-wakilnya yang duduk di lembaga perwakilan rakyat (parlemen).
  3. Demokrasi sitem referendum, bahwa rakyat memilih wakil-wakilnya yang duduk di parlemen tetapi dalam melaksanakan tugasnya, parlemen dikontrol oleh rakyat melalui sistem referendum.


b. Dilihat dari dasar atau paham ideologi yang dianut

  1. Demokrasi liberal atau konstitusional, merupakan paham demokrasi yang menitikberatkan pada ideologi liberals yang cenderung pada kebebasan individu atau perseorangan. 
  2. Demokrasi rakyat/proletarit (komunis), merupakan paham demokrasi yang cenderung kepada kepentingan umum.
  3. Demokrasi Pancasila, merupakan ciri khusus bangsa Indonesia yaitu paham demokrasi yang dijiwai dan diintegrasikan dengan nilai-nilai luhur budaya dan kepribadian bangsa Indonesia yaitu Pancasila.


c. Dilihat dari Perkembangan Paham

  1. Demokrasi klasik ialah paham demokrasi yang menitikberatkan pada pengertian politik kekuasaan atau politik pemerintahan negara.
  2. Demokrasi modern ialah paham demokrasi yang tidak hanya mencakup bidang politik saja, tetapi juga bidang ekonomi, sosial, budaya, dan mewujudkan kesejahteraan rakyat.


d. Dilihat dari titik perhatian atau tujuan

  1. Demokrasi material, yaitu demokrasi yang menitikberatkan pada upaya menghilangkan perbedaan di bidang ekonomi.
  2. Demokrasi formal, yaitu demokrasi yang menjunjung tinggi persamaan dalam bidang politik tanpa disertai adanya upaya untuk mengurangi atau menghilangkan kesenjangan ekonomi yang berlangsung dalam masyarakatnya.
  3. Demokrasi gabungan/campuran, yaitu demokrasi yang menggabungkan kebaikan demokrasi formal dan liberal serta menghilangkan keburukan demokrasi liberal dan material.

0 Response to "Penggolongan Demokrasi yang dapat dilihat dari berbagai sudut pandang"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2