-->

Alasan-Alasan Globalisasi Penting Bagi Bangsa Indonesia



Globalisasi bagi bangsa Indonesia sangatlah berperan penting. Alasan-alasan globalisasi penting bagi bangsa Indonesia sebagai berikut.

a. Terjadinya Persaingan di Segala Bidang

Globalisasi akan memicu persaingan di segala bidang kehidupan. Untuk itu, setiap negara dituntut untuk selalu siap menghadapi persaingan tersebut. Contoh persaingan yang harus dihadapi dalam era global terutama di bidang ekonomi. Akibat kemajuan teknologi, negara-negara di dunia terutama yang telah memiliki teknologi maju akan menghasilkan barang dengan lebih cepat dan efisien. Mereka pun akan berupaya menjual produknya ke seluruh penjuru dunia. Menghadapi hal yang demikian itu, Apabila bangsa Indonesia tidak siap maka akan dapat memastikan industri di dalam negeri yang menghasilkan produk yang sama karena kalah bersaing.

b. Mudahnya Informasi Diperoleh

Globalisasi juga ditandai dengan kemajuan teknologi komunikasi. Akibat kemajuan tersebut, ledakan informasi terjadi di mana-mana. Informasi yang datang itu juga berbagai corak dan bentuk, baik itu yang menyangkut isi maupun gambar. Informasi yang muncul juga tidak pasti autentik, artinya tidak sesuai dengan faktasebenarnya. Padahal kemungkinan besar informasi berupa tulisan ataupun gambar sangat bertentangan kepribadian bangsa dan juga agama.

Salah satu cara negara mempersiapkan diri untuk menghadapi globalisasi adalah dengan membangun sistem pendidikan yang baik yang bertujuan untuk menciptakan SDM yang berprestasi, tekun, jujur, ulet, dan mau belajar terus-menerus demi kemajuan diri, keluarga, masyarakat, serta bangsa dan negaranya.

Pancasila sebagai dasar negara digunakan sebagai penyaring terhadap arus globalisasi. Nilai-nilai pancasila sebagai penyaring karena nilai-nilai pancasila sesuai dengan situasi dan kondisi dari bangsa Indonesia. Pancasila bersumber dari agama dan adat istiadat yang digali dari bumi Indonesia. Jika mengambil suatu hal atau barang yang berasal dari luar negeri, tetapi tidak sesuai dengan nilai-nilai pancasila, maka yang terjadi kaburnya jati diri bangsa Indonesia. Sesuatu yang modern memang dibutuhkan tetapi tidak boleh menghilangkan nilai-nilai yang yang sudah berakar dari dalam diri bangsa Indonesia.

0 Response to "Alasan-Alasan Globalisasi Penting Bagi Bangsa Indonesia"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2