-->

Tantangan Globalisasi bagi Indonesia



Tantangan nyata pada era globalisasi adalah semakin kompleksnya berbagai bidang kehidupan karena adanya teknologi informasi, telekomunikasi, dan transportasi, yang membawa pengaruh terhadap berbagai nilai dan wawasan masyarakat internasional. Tantangan globalisasi yang mendasar dan akan dihadapi bangsa, sebagai berikut.

a. Sikap Individualisme
Sikap individualisme, yaitu munculnya kecenderungan mengutamakan kepentingan diri sendiri di atas kepentingan bersama, memudarkan solidaritas dan kesetiakawanan sosial, musyawarah mufakat, atau gotong royong.

b. Apresiasi Generasi Muda
Apresia generasi muda, yaitu banyaknya generasi muda yang sudah melupakan para pejuang dan jati diri bangsnya dengan fenomena baru, yaitu lebih tahu dan mengidolakan artis, bintang-bintang film, pemain sepak bola asing yang ditiru dengan segala macam aksesorisnya.

c. Pandangan kritis terhadap Ideologi Negaranya
Pandangan kritis terhadap ideologi negaranya, yaitu banyaknya masyarakat yang sudah acuh tak acuh terhadap ideologi atau falsafah negaranya. mereka sudah tidak tertarik lagi untuk membahasnya bahkan lebih cenderung bersikap kritis dalam operasionalnya dengan cara membanding-bandingkan dengan ideologi lain yang dianggapnya lebih baik.

d. Diversifikasi Masyarakat
Diversifikasi masyarakat, yaitu munculnya kelompok-kelompok masyarakat dengan profesi tertentu yang terus berkompetisi dalam berbagai bidang kehidupan guna mencapai tingkat kesejahteraan yang bertaraf internasional (mengglobal).

e. Keterbukaan yang Lebih Tinggi
Keterbukaan yang lebih tinggi, yaitu tuntunan masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintah yang lebih mengedepankan pendekatan dialogis, demokratisasi, supremasi hukum, transparansi, akuntabilitas, efektif, dan efisien.

0 Response to "Tantangan Globalisasi bagi Indonesia"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2