-->

Pengertian Demokrasi dan Ciri-Ciri Demokrasi



1. Pengertian Demokrasi

Secara etimologis, demokrasi berasal dari bahasa Yunani, demos dan kratos/cratien. Demos artinya rakyat, sedangkan kratos/cratein artinya kekuasaan/kedaulatan. Sehingga dapat diartikan bahwa demokrasi adalah kekuasaan berada di tangan rakyat atau pemerintahan dari, oleh, dan untuk rakyat.

Adapun pengertian Demokrasi menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut.

a. Philippe C. Schmitter dan Terry Lynn Karl
Demokrasi adalah sistem pemerintahan di mana pemerintah dimintai pertanggungjawaban atas tindakan-tindakannya di wilayah publik oleh warga negara yang bertindak secara tidak langsung melalui kompetisi dan kerja sama dengan para wakil mereka yang telah dipilih.

b. Sidney Hook
Demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana keputusan-keputusan pemerintah yang penting secara langsung atau tidak langsung didasarkan pada kesepakatan mayoritas yang diberikan secara bebas dari rakyat dewasa.

c. Caroi C. Gould
Demokrasi adalah suatu bentuk pemerintah yang di dalamnya rakyat memerintah sendiri, baik melalui partisipasi langsung dalam merumuskan keputusan-keputusan yang mempengaruhi mereka maupun dengan cara memilih wakil-wakil mereka.

d. Giovanni Sartori
Demokrasi dalah suatu sistem di mana tak seorang pun dapat memilih dirinya sendiri, tak seorang pun dapat mengidentifikasikan dia sengan kekuasaannya, kemudian tidak dapat juga untuk merebut kekuasaan lain dengan cara-cara tidak terbatas dan tanpa syarat.

e. Abraham Lincoln
Demokrasi adalah pemerintah dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat (government of the people, by the people, and for the people).


2. Ciri-Ciri Demokrasi

Berikut beberapa ciri yang menandai berlakunya sistem demokrasi dalam sebuah negara.

  • Adanya pembatasan terhadap tindakan pemerintah untuk memberikan perlindungan bagi individu dan kelompok.
  • Berbagai prasarana pendapat umum yaitu pers, televisi, dan radio diberi kesempatan untuk mencari berita.
  • Adanya sikap menghargai hak-hak minoritas dan perorangan, lebih mengutamakan musyawarah dalam menyelesaikan masalah.


0 Response to "Pengertian Demokrasi dan Ciri-Ciri Demokrasi"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2