-->

Sikap dan Usaha Bangsa Indonesia untuk Menghadapi Globalisasi



Untuk itu, diperlukan kemampuan untuk menyaring pada setiap pribadi dan masyarakat Indonesia. Bangsa Indonesia harus pandai-pandai menyaring segala macam informasi itu agar informasi itu tidak merugikan.

Setiap warga negara Indonesia harus memiliki sikap dan usaha untuk menghadapi globalisasi dengan cara sebagai berikut.
  1. Meningkatka keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa sebagai penyaring terhadap pengaruh globalisasi yang bersifat negatif.
  2. Meningkatkan penghayatan dan pengalaman kita terhadap Pancasila untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.
  3. Meningkatkan ilmu pengetahuan kita agar dapat menilai mana yang dianggap baik dan benar terhadap pengaruh globalisasi.
  4. Meningkatkan pendidikan dan ketrampilan kita agar dapat menjadi manusia berkualitas sehingga mampu bersaing dengan bangsa lain.
  5. Meningkatkan penguasaan kita terhadap teknologi modern disegala bidang sehingga tidak tertinggal dan bergantung pada bangsa lain.
  6. Mempertahankan dan melestarikan budaya lokal tradisional agar tidak digantikan oleh budaya dan bangsa asing.
  7. Meningkatkan kualitas produk hasil produksi dalam negeri sehingga dapat digunakan dan selalu dicintai oleh masyarakat dalam negeri. Selain itu, produk hasil produksi dapat bersaing dan dapat merebut pasar lokal serta internasional.
  8. Menumbuhkan sikap terbuka dan tanggap terhadap pembaharuan sehingga mampu menilai pengaruh yang dinilai baik bagi pembangunan.
Globalisasi merupakan suatu kenyataan yang sulit untuk dihindarkan sebagai akibat semakin membaiknya jaringan transportasi dan komunikasi dunia. Gerak manusia dan barang antardaerah menjadi cepat, mudah, dan relatif murah. Kejadian di suatu tempat dalam waktu yang relatif cepat dapat menyebar dan diterima oleh masyarakat lain.

0 Response to "Sikap dan Usaha Bangsa Indonesia untuk Menghadapi Globalisasi"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2